Minggu, 14 Agustus 2016

INDUSTRI MUSIK REKAMAN : MANAGEMENT

Heiii ini artikel lanjutan dari yang sebelumnya soal Recording Company kali ini kita ngobrol soal artist management yuk.

Pernah gak kalian denger nama Bunda Iffet kalo kalian lagi nonton berita tentang SLANK? atau pasti kalian sering denger donk ya REPUBLIK CINTA management yang dibangun sama Ahmad Dhani. Kalo belum pernah denger, mending lo browsing dulu kali yee, ALAMAK! Masa lo ngaku PECANDU MUSIK tapi ngga pernah denger 2 nama yang gw sebutin tadi? S U N G G U H   T E R L A L U .

Sebagai seorang seniman, seharusnya memang musisi hanya berfokus dalam pekerjaan yang sifatnya berkesenian. Karena hal hal yang bersifat strategi marketing jualan lebih baik dipegang oleh orang lain yang bertindak sebagai Band Manager. 

Hubungan antara band dan management itu mirip-mirip sama hubungan AWKARIN dan pacarnya si Gaga #eh wkwkkwkwkwk.. semprul nih kebawa berita hebohnya cewek vlogger fenomenal sampe ikut ikutan nulis... yak, mirip sama hubungan suami dan istri dalam sebuah keluarga maksudnye. Yaaa masing masing punya peran yang sama penting untuk keberhasilan keluarga. Begitupula untuk kesuksesan sebuah band, dibutuhkan kolaborasi yang baik antara band dan management. Contoh simpelnya gini, lo lagi fokus latihan di studio nih sama band lo, trus ada tlp masuk gak keangkat krn lo gak denger. Pas lo tlp balik ternyata itu tadi orang mau nawarin band lo main di acaranya tapi karena ngga keangkat telpnya tadi, akhirnya dia udh make jasa band lain. Kalo udah gini judulnya cuma satu dah, APES. 

Kebutuhan band manager ya untuk menghindari hal hal seperti itu terjadi. Urusan artis/band ya bikin musik aja. Diluar itu, soal urusan job manggung, kostum, jadwal booking studio latihan, dan semacamnya itu diurus sama band manager. Udah deh, intinya mah gak usah maksa ngurus semua sendiri, yang ada lo cuma keblinger. Atauuuuu, emang dasar lo cuma mau makan duit sendirian aja, jadi semuaaaaanyaaa lo urus sampe urusan job, udahannya lo malah minta persenan yang lebih gede dari pada temen teman band lo yang lain. Yang kya gini yang justru malah jadi pemecah hubungan sebuah band.

Tapiii, soal tipu menipu (yaa namanya juga duit dul, bikin orang lupa diri) sering juga terjadi antara band/artis dengan managernya. Lo sering liat deh berita di TV si artis yg curhat krn duitnya dibawa kabur managernya, atau ternyata nilai kontrak yang dijalanin selama ini lebih besar dari yang artisnya dapet. DUIT DUIT DUIT, kalo lo ngga tau yee, gw kasih tau aja sekarang, yang bikin Slash gak tegor-tegoran sama Axl selama bertahun-tahun itu adalah masalah duit. Gak percaya? yee percaya sama Tuhan dul, jangan sama gw. Makanya kan banyak tuh artis yang akhirnya make jasa keluarga sebagai management karena ya buat nge-reduce kemungkinan masalah duit itu tadi, selain itu sih ya dari pada lo ngasih kerjaan buat orang lain kan mending lo meng-karyakan keluarga sendiri. 

Jadi, kalo saran gw, artis atau band itu penting banget untuk punya management, terlepas dari lo mau pake jasa keluarga kya Bunda Iffet dan SLANK atau pakailah jasa management yang terpercaya yang udah ada di Indonesia macam POS Entertainment atau REPUBLIK CINTA. Emang tau dari mana kalo mereka bener? ya sebelum tanda tangan kontrak, lo baca dulu donk isi detail kontraknya. masalah itu management yang gw sebut bener atau ngga ya lo sebagai calon artis atau band harus baca kontrak baik baik sebelum tanda tangan. Kalo ada yang kurang jelas, lo tanya! Kalo ada yg kurang puas, lo diskusiin lagi baiknya gimana. Kalo gak suka isi kontraknya? Yaudeh siik, lo kan tinggal cari management yang lain buat di compare mana yang lo lebih suka. See? yang susah emang susah, tapi yang gampang jangan sampean bikin susah.

Udeh dulu ya, mau bobok dulu. Besok mau ke BSD pagi pagi. see yaaaaaaa......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar bebas asal sopan ya..