Jumat, 12 Agustus 2016

PENDIDIKAN MUSIK USIA DINI

Idiw artikel serius nih.
Untuk bisa memahami artikel tentang musik bagi bocah, Gw mau menjelaskan persepsi atau sudut pandang gw tentang musik dulu. Menurut gw berbicara tentang musik itu ngga bisa dibatasi oleh hal hal yang sifatnya konkret, Karena walau penjabaran dan tesis tesis tentang asal muasal musik dan suara (frenkuensi dan teman temannya) udah banyak banget tapi belum banyak yang mencapai konsep pendidikan musik yang maksimal bagi anak anak. Karena yang selama ini gw liat ya cuma sebatas musik sebagai accompaniment atau sebagai media untuk mensupport belajar anak anak atauuuuuu pelajaran musik usia dini yang membantu menstimulasi tumbuh kembang anak melalui aktifitas yang bersifat musikal. Bahkan untuk hal kedua yang gw bilang tadi aja masih segelintir sekolah yang bisa memfasilitasi. Mssih sedikitnya sekolah yang support soal ini disebabkan oleh dua hal 
    1. Developmentnya memang masih sedikit. Mayoritas parent dan sekolah masih belum mau keluar dari mindset "belajar musik itu ya nyanyi, main alat musik". Nah hal ini yang gw bilang tadi di awal bahwa konsep musikal buat anak anak itu ngga bisa dibatasi oleh hal hal yang sifatnya konkret seperti alat  musik, nyanyi, notasi, jadi seakan-akan aktifitas musik yang ngga ada nyanyi dan main alat musik itu ngga bs disebut belajar musik. Inilah konsep yang tertanam di benak kita selama ini yang menurut gw justru malah bikin anak kita ngga bisa dapet pendidikan musik yang maksimal atau lebih parahnya lagi melewatkan moment golden agenya anak untuk bisa tumbuh berkembang dengan memasukan unsur informasi yang variatif ke dalam otaknya, salah satunya, musik.
    2. Pendidikan guru musik, atau kampus jurusan musik di Indonesia setau gw juga ngga mambahas mendalam tentang hal ini. Yang dipelajarin secara mendalam hanya hal hal yang seperti tadi gw bilang, bersifat konkret. Kalo ada diantara kalian yg baca artikel ini anak jurusan musik dan mau diskusi di kolom bawah monggo ya dipersilahkan.

Dua kesimpulan yang gw bikin diatas itu karena pada akhirnya gw ngeliat temen temen guru musik yang gw kenal kesulitan ketika dihadapkan dengan konsep pendidikan musik yg ngga belajar alat musik. Ngerti gak? Bingung ya? Nanti kita lanjutin di artikel berikutnya ya, ane laafaaarrr mau makan dulu.

2 komentar:

Komentar bebas asal sopan ya..