Selasa, 09 Agustus 2016

MENDADAK JAZZ


Aduh gimana ye mulainnye nulis inih artikel. Pokoknye gini dah, terserah sampean abis baca artikel ini mau suka apa nggak, yee kalo gak suka mah ngapain juga dibaca sampe abis. wkwkwkwk

Jadi gini, sebagai pemain musik yang juga menikmati musik (ada gak sih pemusik yg gak suka denger musik?), Gw agak agak gimana gituh kalo denger lagu yang udah enak, udah bikin kuping dan hati adem malah diubah lagi aransemennya jadi Jazz. Tolong di perhatikan yak, gw ini ngga anti sama genre musik tertentu, termasuk Jazz. Gw dengerin tuh musik apa aja, dari Rhoma Irama sampe BB King, dari One Direction sampe Indra Lesmana, atau dari Slipknot sampe Noah, malahan gw juga dengerin koq dari Sabang sampai Merauke...wkwkwkwkwk...

Masalahnya gini dul, kalo lagu ibarat orang, misalnya si Udin, Udin perawakannya tinggi tegap, cocoklah dia pake baju yg stretch pas badan. Sementara si Budi, perutnya OBP alias One Big Pack, kalo pake baju stretch ya jadinya kan gak enak diliat ya? Nahhh, lagu juga begitu dul. Gak bisa main sembarangan ubah aransemen sebuah lagu jadi Jazz tanpa mempertimbangkan kecocokan lagu dengan aransemen barunya. Jangan mentang mentang kentang pantang berantangtangtangtang hihihihi.... jangan cuma karena lagi suka Jazz, atau karena lingkungan sekitar lo lagi demen Jazz, atau karena lo anggap Jazz itu "musik gaool" terus eloh bisa seenaknyah mengubah aransemen lagu semau loh gitoh?

Yang terpenting adalah dengarkan dengan hati. What?? gaya lo mas, kalo mau denger mana bisa pake hati? pake daun taliingooo a.k.a kuping !!! Yaa, lo mau ngerubah aransemen sebuah lagu dari pop ke jazz keq, dari dangdut ke metal keq, atau dari sabang sampai merauke keqq.. :p gak masalah asaaaalll lo coba bandingin aransemennya sama aransemen di lagu aslinyaa. Nah kira kira aransemen yang lo bikin ituuuu bikin lagunya tambah enak atau malah lagunya jadi gak enak? simple kan? Ngapain maksa aransemen ini itu ngubah sana sini maksa jadi jazz kalo pada akhirnya versi aslinya tetep lbh enak ? Ujung ujungnya ya maap maap kata nih ya kalo ada yang tersungging, ente malah ngerusak lagu yang udah enak mas brohh.

Gw SUKA denger lagu Setia-nya Jikustik apa adanya, Gw juga SUKA denger lagu The Girl From Ipanema dalam versi jazz apapun. Karena kesederhanaan aransemen lagu Setia itu yang bikin lagunya jadi sempurna. Dan keluwesan notasi dan irama The Girl From Ipanema-lah yg bikin lagu itu enak dinikmati dalam versi jazz apapun.

Nah, kira kira gitu deh. Judul MENDADAK JAZZ justru gw denger dari Barry Likumahua di salah satu acara di Jakarta beberapa tahun yang lalu. Kebetulan tadi keinget, gw bikinin artikel sekalian.
eh gw nulis bikinin apa bikini ya barusan? wkwkwkwkwk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar bebas asal sopan ya..